[CEO Entertainment City Entertainment City]Tidak Cuci Tangan Usai BAB Lebih Bahaya dari Makan Daging Mentah

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:188 skor basket jaring judi

Para peneliti dari National Infection Service dan Animal and Plant Health Agency asal Inggris menguji sampel E.coli yang kebal terhadap obat dari daging sapi, babi, dan ayam. Mereka kemudian membandingkan hasilnya dengan sampel dari kotoran manusia, selokan, dan darah.

Penyebaran bakteri E. coli membutuhkan rute fecal-oral atau dari kotoran masuk ke mulut. "Rute penularan paling mungkin melalui kotoran manusia yang tidak dicuci dengan bersih dan bisa masuk ke mulut lewat makanan yang dikonsumsi," tambahnya.

Jadi, daripada sakit lebih mencuci tangan hingga bersih sesudah BAB. Mencuci tangan dengan benar sangat penting untuk menghentikan penyebaran bakteri E. coli.

Bakteri E. coli yang hidup di usus manusia dan hewan sebagian besar tidak berbahaya. Tetapi beberapa diantaranya dapat menyebabkan gejala keracunan makanan seperti diare dan muntah, infeksi saluran kemih, dan infeksi darah.

Infeksi yang disebabkan oleh E.coli merupakan masalah besar di Inggris saat ini. E. coli menyumbang 10 persen dari kasus keracunan di Inggris.

"Infeksi yang disebabkan oleh E. coli sulit untuk diobati, umumnya hanya menjadi lebih baik. Angka kematian di antara orang yang terinfeksi," ucap Livermore.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang setuju bahwa mencuci tangan merupakan salah satu langkah kecil untuk menjaga kesehatan. Namun, banyak tidak mencuci tangan setelah buang air besar (BAB) ternyata lebih berbahaya daripada mengonsumsi daging mentah.

"Mayoritas, E. coli yang menyebabkan infeksi pada manusia tidak berasal dari makan ayam, ataupun rantai makanan lain," ucap Livermore seperti dikutip Health. 

"Kita harus terus memasak daging dengan baik. Tetapi dalam kasus E. coli, jauh lebih penting untuk mencuci tangan apalagi setelah BAB," ucap ketua penelitian sekaligus profesor di University of East Anglia's Norwich Medical School, Inggris, David Livermore.

Saat duduk maupun jongkok di toilet untuk buang air besar (BAB) baiknya maksimal hanya 15 menit saja. Jika terlalu lama malah bisa membahayakan pembuluh darah di sekitar anus.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Infectious Diseases mengungkapkan tidak mencuci tangan lebih berisiko menyebarkan bakteri E. coli yang kebal pada obat, daripada mengonsumsi daging mentah atau yang tidak dimasak dengan baik.

Penulis: Diviya Agatha

Saksikan juga video menarik berikut: